Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dibuat dan dikembangkan dari Silabus untuk mengarahkan / sebagai pedoman dilaksanakannya pembelajaran terhadap peserta didik dalam upaya mencapai tujuan pembelajaran sesuai Kompetensi Dasar (KD). Setiap guru pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara sistematis agar pembelajaran berlangsung secara rapi, interaktif, inspiratif dan menyenangkan tanpa kehilangan arah tujuan pembelajaran. Sesuai arahan dari Menteri Pendidikan dengan adanya MERDEKA BELAJAR, RPP ini disusun dengan format Satu Lembar. RPP disusun secara sistematis dan guru dapat mengembangkan sesuai dengan kondisi dan kebutuhan pada satuan pendidikan masing-masing.
Dalam menyusun RPP hendaknya memperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut:
- Perbedaan individual peserta didik antara lain kemampuan awal, tingkat intelektual, bakat, potensi, minat, motivasi belajar, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai, dan/atau lingkungan peserta didik.
- Partisipasi aktif peserta didik.
- Berpusat pada peserta didik untuk mendorong semangat belajar, motivasi, minat, kreativitas, inisiatif, inspirasi, inovasi dan kemandirian.
- Pengembangan budaya membaca dan menulis yang dirancang untuk mengembangkan kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi dalam berbagai bentuk tulisan.
- Pemberian umpan balik dan tindak lanjut RPP memuat rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remedi.
- Penekanan pada keterkaitan dan keterpaduan antara KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar.
- Mengakomodasi pembelajaran tematik-terpadu, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya.
- Penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi.
- Penyusunan RPP dilakukan dengan prinsip efisien, efektif, dan berorientasi pada siswa.
- Komponen RPP disederhanakan menjadi komponen inti yaitu tujuan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, dan penilaian pembelajaran.
- Sekolah, kelompok guru, dan individu dapat memilih, membuat, menggunakan, dan mengembangkan format RPP secara mandiri untuk keberhasilan siswa.
- RPP yang dibuat dapat digunakan dan disesuaikan.
Untuk dapat mengunduh, Bapak Ibu dapat langsung KLIK link download di bawah ini:
0 Komentar